Senin, 17 Mei 2010

Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Minum teh merupakan salah satu kebiasaan yang hampir tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Teh saat ini telah menjadi komoditas pasar utama di banyak negara, bahkan beberapa diantaranya merupakan komoditas yang sangat berharga. Tapi apa yang benar-benar membuat teh jadi menjadi begitu istimewa? Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa terdapat banyak sekali manfaat teh bagi kesehatan seseorang.

Banyak penelitian yang dilakukan dan telah dipublikasikan di seluruh dunia yang menunjukkan bahwa beberapa jenis teh seperti teh hitam, teh hijau, dan teh melati memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari membantu menyembuhkan diabetes, kanker, bahkan menurunkan berat badan.

Teh telah sejak lama telah digunakan di negara-negara utama di Asia sebagai minuman alternatif yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan. Bahkan sebelum ilmu pengetahuan menjelaskan secara ilmiah manfaat teh, pada beberapa negara tersebut kebiasaan minum teh telah terintegrasi ke dalam budaya mereka. Karena kentalnya kebiasaan ini pada beberapa negara Asia, menurut penelitian penderita penyakit seperti kolesterol dan diabetes lebih rendah dibandingkan dengan negara pada kawasan lainnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh menurut kelompok studi Jepang di Kyushu University di Jepang, ditemukan bahwa teh, terutama teh hijau memiliki banyak kandungan anti-kanker. Teh hijau mengandung antioksidan (gallate epigallocatechnin ) yaitu zat yang berfungsi memperlambat pertumbuhan sel kanker, mengurangi jumlah dan ukuran tumor, dan bertindak sebagai agen pencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh kanker. Teh juga mengandung kafein dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Jumlah ini sangat sesuai dan jauh lebih sehat daripada kafein yang ada di dalam kopi. Penggunaan kafein harus dilakukan secara moderat (artinya tidak terlalu banyak) karena sifatnya yang merupakan simultan aktif. Kadar kafein yang tidak terlalu tinggi tersebut memungkinkan tubuh untuk meningkatkan sedikit energi.

Selain kafein dan antioksidan beberapa jenis teh juga mengandung bahan kimia yang meningkatkan termo genesis tubuh manusia, atau laju pembakaran kalori sehingga cukup efektif bagi orang yang ingin mengurangi berat badannya.

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting dari konsumsi teh adalah mengurangi stres. Stres juga dapat secara dramatis menurunkan oleh konsumsi teh, di mana studi menunjukkan bahwa subyek yang minum empat cangkir teh per hari untuk jangka waktu empat minggu lebih rendah tingkat stresnya bila dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengkonsumsi teh.

Konsumsi teh mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya manfaat yang ditemukan di dalam teh. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi teh setiap hari karena selain rasanya yang nikmat, harganya murah, serta manfaatnya yang begitu besar bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar